RSS

Agama Islam

AGAMA ISLAM

Agama Islam adalah agama Allah yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw. sehingga untuk mengerti / memahami Islam haruslah bersandar kepada informasi dari Allah (Al Quran) dan Nabi Muhammad saw (Hadits). Hanya Sang Pembawa Risalah (Nabi) yang berwenang memberi pengertian tentang agama yang dibawanya. Penilaian seseorang terhadap sesuatu sangat tergantung kepada pengetahuan dan pemahaman orang tersebut kepada sesuatu yang dinilainya

DASAR AGAMA ISLAM

Kebanyakan agama atau keyakinan didasarkan pada laporan peristiwa yang terjadi lama, dari perspektif pesawat bumi. Mostly the reporting of these events occurred many years after the actual events occurred, sometimes centuries. Sebagian besar pelaporan peristiwa ini terjadi bertahun-tahun setelah peristiwa yang sebenarnya terjadi, kadang-kadang berabad-abad.

Lima Rukun Islam

Rukun Islam adalah inti keyakinan yang membentuk pemikiran Islam, perbuatan, dan masyarakat. Seorang Muslim yang memenuhi Lima Rukun Islam, tetap dalam iman Islam, dan dengan tulus bertobat dari dosa-dosanya, akan membuat ke jannah (surga). Jika ia melakukan Lima Rukun tetapi tidak tetap di dalam iman, ia tidak akan diselamatkan.

  1. Shahada Shahada
    1.  Para Shahada adalah proklamasi Islam yang “Tidak ada Allah yang benar kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah.”
    2.  Ini adalah pengakuan bahwa Allah adalah satu-satunya Allah yang benar, bahwa Allah saja yang layak untuk disembah, bahwa Allah sendiri adalah penguasa yang berdaulat yang melakukan apa yang dikehendaki dengan siapa pun yang ia kehendaki.. Ini berarti bahwa semua peraturan dan undang-undang ditemukan dalam Quran harus diikuti.. Ini berarti bahwa doktrin Kristen tentang Allah sebagai Trinitas adalah palsu semua sistem kepercayaan lainnya termasuk panteisme.
    3.  Muhammad adalah nabi sejati dan terbesar Allah dan pengakuan Muhammad sebagai Nabi Allah diperlukan.Itu melalui Muhammad bahwa Allah menyampaikan wahyu terakhir dan final.
  2. Prayer (Salat) Doa (Salat)
    1. Doa melibatkan pengakuan dosa yang dimulai dengan pemurnian tubuh dan berakhir dengan penyucian jiwa.. Doa dilakukan lima kali sehari  adalah pada waktu fajar dan yang terakhir saat matahari terbenam.
    2. , Dhuhr, Asr, Maghrib, Isha. Nama-nama dari doa subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya.. Doa Maghrib adalah doa matahari terbenam Isha adalah doa yang dikatakan setelah matahari terbenam as Shurooq. Ada juga doa yang dikatakan tepat setelah Fajar dikenal sebagai Shurooq.
  3. Fasting (Saum) Puasa (Saum)
    1. . Bulan Ramadhan adalah bulan puasa dalam Islam.. Ini adalah tindakan ibadah di mana pengikut setia menyangkal kebutuhannya sendiri dan mencari Allah. Biasanya, puasa ini tidak memerlukan minum, makan, atau hubungan seksual pada jam-jam siang hari selama bulan Ramadhan seluruh.
  4.  (Zakat) Sedekah atau amal (zakat)
    1. . Amal yang diberikan kepada orang miskin. Ini menguntungkan orang miskin dan membantu pemberi dengan memindahkan dia ke kesucian yang lebih dan penyerahan kepada Allah. Sedekah dianggap sebagai bentuk ibadah kepada Allah.
  5. (Hajj) Ziarah (Haji)
    1.  Ini adalah ziarah ke Mekah. All Muslims,. Semua Muslim, jika mereka mampu, adalah untuk melakukan ziarah ke Mekah. Ini melibatkan pengorbanan keuangan dan merupakan tindakan penyembahan .Muslim harus membuat haji paruh pertama bulan terakhir dari tahun lunar

 

SUMBER AGAMA ISLAM

Al-Qur’an adalah sumber ajaran Islam yang utama. Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an dijaga dan dipelihara oleh Allah SWT, sesuai dengan firmannya sebagai berikut:

”Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al=Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS 15:9)

”Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur’an. Kalau sekiranya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapatkan pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS 4:82)

Al-Qur’an menyajikan tingkat tertinggi dari segi kehidupan manusia. Sangat mengaggumkan bukan saja bagi orang mukmin, melainkan juga bagi orang-orang kafir. Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan (Nuzulul Qur’an). Wahyu yang perta kali turun tersebut adalah Surat Alaq, ayat 1-5. Al-Qur’an memiliki beberapa nama lain, antara lain adalah Al-Qur’an (QS. Al-Isra: 9), Al-Kitab (QS. Al-Baqoroh: 1-2), Al-Furqon (QS. Al-Furqon: 1), At-Tanzil (QS> As-Syu’ara: 192), Adz-Dzikir (Surat Al-Hijr: 1-9).

Kandungan Al-Qur’an, antara lain adalah:

  1. Pokok-pokok keimanan (tauhid) kepada Allah, keimanan kepada malaikat, rasul-rasul, kitab-kitab, hari akhir, qodli-qodor, dan sebagainya.
  2. Prinsip-prinsip syari’ah sebagai dasar pijakan manusia dalam hidup agar tidak salah jalan dan tetap dalam koridor yang benar bagaiman amenjalin hubungan kepada Allah (hablun minallah, ibadah) dan (hablun minannas, mu’amalah).
  3. Janji atau kabar gembira kepada yang berbuat baik (basyir) dan ancaman siksa bagi yang berbuat dosa (nadzir).
  4. Kisah-kisa sejarah, seperti kisah para nabi, para kaum masyarakat terdahulu, baik yang berbuat benar maupun yang durhaka kepada Tuhan.
  5. Dasar-dasar dan isyarat-isyarat ilmu pengetahuan: astronomi, fisika, kimia, ilmu hukum, ilmu bumi, ekonomi, pertanian, kesehatan, teknologi, sastra, budaya, sosiologi, psikologi, dan sebagainya

1. Zakat Maal

Zakat maal merupakan zakat atas harta kekayaan. Meliputi hasil perniagaan atau perdagangan, pertambangan, pertanian , hasil laut dan hasil ternak, harta temuan, emas dan perak serta hasil kerja (profesi). Masing-masing jenis mempunyai perhitungan yang berbeda-beda

2. Zakat fitrah

Zakat fitrah yaitu zakat untuk membersihkan diri yang dibayarkan setiap bulan Ramadhan.
Zakat ini wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri. Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan per individu adalah satu sha’ yang setara dengan 2,5 kilogram atau dengan 3,1 liter beras makanan pokok yang ada di daerah pemberi zakat atau yang bersangkutan. Zakat ini diberikan kepada delapan golongan yang berhak menerima zakat. Menurut beberapa ulama khusus untuk zakat fitrah mesti didahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin.

 

MACAM-MACAM ZAKAT

  • ZAKAT MAAL (HARTA)

Bagi harta yang disandarkan zakatnya pada emas, zakat yang harus dikeluarkan sebanyak 2,5 % dari harta yang wajib dizakati (tidak termasuk zakat binatang ternak dan biji-bijian yang mempunyai nilai zakatnya tersendiri).

  • ZAKAT UANG SIMPANAN

Banyak urusan bisnis yang menggunakan mata uang sebagai alat pertukarannya, Setiap negara mempunyai nilai mata uangnya sendiri yang disandarkan kepada nilai tukar emas.

DALIL WAJIB ZAKAT UANG SIMPANAN “Saiidina Ali telah meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda: Apabila kamu mempunyai (uang simpanan) 200 dirham dan telah cukup haul (genap setahun) diwajbkan zakatnya 5 dirham, dan tidak diwajibkan mengeluarkan zakat (emas) kecuali kamu mempunyai 20 dinar dan telah cukup haulnya diwajibkan zakatnya setengah dinar. Demikian juga kadarnya jika nilainya bertambah dan tidak diwajibkan zakat dalam sesuatu harta kecuali genap setahun”. (HR Abu Daud)

SYARAT WAJIB ZAKAT UANG SIMPANAN

  1. Islam
  2. Merdeka
  3. Milik sendiri
  4. Cukup haul
  5. Cukup nisab
  • ZAKAT EMAS dan PERAK

Sejarah telah membuktikan bahwa emas dan perak merupakan logam berharga. Sangat besar kegunaannya yang telah dijadikan uang dan nilai/alat tukar bagi segala sesuatu sejak kurun-kurun waktu yang lalu.
Dari sisi ini, syari’at memandang emas dan perak dengan pandangan tersendiri, dan mengibaratkannya sebagai suatu kekayaan alam yang hidup. Syari’at mewajibkan zakat keduanya jika berbentuk uang atau leburan logam, dan juga benbentuk bejana, souvenir, ukiran atau perhiasan bagi pria. Firman Allah :Dan oarang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka : “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”.
Sabda Rasulullah yang maksudnya sebagai berikut : Setiap pemilik emas dan perak yang tidak menunaikan haknya, maka pada hari kiamat dijadikan kepingan lalu dibakar dalam api neraka.

SYARAT WAJIB ZAKAT EMAS DAN PERAK.

  1. Islam
  2. Merdeka
  3. Milik sendiri
  4. Cukup nisabnya
  5. Cukup haul (setahun).

(Nisab emas adalah 20 misqal atau 85 gram emas. Nisab perak adalah 200 dirham atau 595 gram perak ).

  • ZAKAT PENDAPATAN/PROFESI

Barang kali bentuk penghasilan yang paling menonjol pada zaman sekarang ini adalah apa yang diperoleh dari pekerjaan dan profesinya. Zakat pendapatan atau profesi telah dilaksanakan sebagai sesuatu yang paling penting pada zaman MUAWIYAH DAN UMAR BIN ABDUL AZIZ. Zakat jenis ini dikenal dengan nama Al-Ata’ dan dizaman modern ini dikenal dengan “Kasbul Amal”. Namun akibat perkemabangan zaman yang kurang menguntungkan ummat Islam, maka zakat jenis ini kurang mendapat perhatian. Sekarang sudah selayaknya jika mulai digalakkan kembali, kerena potensinya yang memang cukup besa

 

 

2 responses to “Agama Islam

  1. ira

    September 5, 2012 at 1:13 am

    mksh..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: