RSS

contoh kasus

17 Okt

ORGANISASI  APAKAH YANG  PALING COCOK ?

Dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan yang akan datang, Kecamatan Mojotengah telah membentuk panitia yang memiliki dua tugas pokok.

 

Tugas pertama adalah meningkatkan kadar keimanan dan moralitas warganya (terutama generasi muda) secara berkelanjutan, dan tugas kedua adalah menyelenggarakan berbagai kegiatanyang berkenaan dengan bulan suci Ramadhan, dari pengajian, ceramah-ceramah keagamaan, shalat tarawih dan subuh berjamaah, bhakti sosial,sampai dengan shalat Idul Fitri, serta pengumpulan zakat fitrah dan pendistribusiannya.

 

Aparat kecamatan dan segenap anggota panitia yang ada telah bertekad bahwa bulan suci Ramadhan kali ini akan dijadikan momentum“mawas diri dan penyadaran diri”, sehingga kegiatan kerohanian dan pembinaan mental ini tidak hanya dilakukan secara temporer, tetapi juga dilanjutkan sampai dengan pasca Ramadhan.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah kecamatan telah mengajukan usulan kepadaWalikotamadya dengan tembusan kepada Gubernur, untuk melembagakanfungsi pembinaan kerohanian tersebut kedalam struktur organisasi kecamatan, yakni dengan membentuk seksi kerohanian.

 

Berdasarkan hal-hal tersebut, Anda diminta untuk menganalisis kasus dengan menggunakan teori-teori organisasi, dan menjawab pertanyaan-pertanyan dibawah ini:

  1. Menurut Anda, perlukah tugas pembinaan kerohanian dilembagakan dalam struktur organisasi Kecamatan ? Apa alasan Anda ?
  2. Jika perlu, tipe atau bentuk organisasi apa yang paling tepat untuk menyelenggarakan tugas pembinaan kerohanian tersebut ? Sebaliknya jika tidak perlu, kemukakan alasan Anda !
  3. Apa kira-kira kelebihan dan kekurangannya jika tugas tersebutdilembagakan ? Dan apa pula kira kira kelebihan dan kekurangannya jika tugas tersebut tidak dilembagakan ?

bagi yang punya pikiran luas boleh menjawab pertanyaan di atas, atau bisa kirim di email saya mazlankuato18@gmail.com. dengan kode latihan kasus..

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 17, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: