RSS

Artikel terbaru

Artikel

SEJARAH PERADABAN ISLAM DI INDONESIA

 

SejarahPeradaban Islam Di Indonesia

SEBELUM KEMERDEKAAN

Islam masukke Indonesia padaabadpertamahijriyahatauabadketujuhsampaiabadkedelapanmasehi, inimungkindidasarkankepadapenemuanbatunisanseorangwanitamuslimah yang bernama Fatimah bintiMaimundilerandekat Surabaya bertahun 475 H atau 1082 M. SedangmenurutlaporanseorangmusafirMarokoIbnuBatutah yang mengunjungiSamuderaPasaidalamperjalanannyakenegeriCinapadatahun 1345 M.

Agama islam yang bermahzabSyafi’Itelahmantapdisanaselama se abad, olehkarenaituberdasarkanbuktiiniabadke XIII di anggapsebagaiawalmasuknya agama islamke Indonesia.

Daerah pertama kali dikunjungiyaitu :

  1. Pesisir Utara pulau Sumatera, yaitu di peureulak Aceh Timur, kemudianmeluassampaibisamendirikankerajaanislampertama di SamuderaPasai, Aceh Utara.

2 Pesisir Utara pulauJawakemudianmeluaske Maluku yang selamabeberapaabadmenjadipusatkerajaan Hindu yaitukerajaanMajaPahit

Penyebaran Islam merupakansalahsatu proses yang sangatpentingdalamsejarah Indonesia, tapijuga yang paling tidakjelastampaknya, parapedagangmuslimsudahada di sebagianwilayah Indonesia selamabeberapaabadsebelum Islam menjadi agama yang mapandalammasyarakat-masyarakatlokal.

Kapan, mengapa, danbagaimanakonversipenduduk Indonesia inimulaiterjaditelahdiperdebatkanolehbeberapailmuwan.tetapi, kesimpulanpastitidakmungkindicapaikarenasumber-sumber yang adatentangislamisasisangatlangkadanseringsangattidaknormatif.

Padapermulaanabadke XVII denganmasukislamnyapenguasakerajaanMataram, yaitu: Sultan Agungmakakemenangan agama islamhampirmeliputisebagaibesarwilayah Indonesia.

Sejakpertengahanabadke XIX, agama islam di Indonesia secarabertahapmulaimeninggalkansifat-sifatnya yang Singkretik (mistik). Setelahbanyak orang Indonesia yang mengadakanhubungandenganMekkahdengancaramenunaikanibadah haji, dansebagiannyaada yang bermukimbertahun-tahunlamanya.

MasukdanBerkembangnya Islam di Indonesia

Islam di Indonesia baiksecarahistorismaupunsosiologissangatkompleks, terdapatbanyakmasalah, misalnyatentangsejarahdanperkembanganawal Islam.Harusdiakuibahwapenulisansejarah Indonesia diawaliolehgolonganorientalis yang seringadausahauntukmeminimalisasiperan Islam, disampingusahaparasarjana Muslim yang inginmengemukakanfaktasejarah yang lebihjujur.[12]

Islam dalambatastertentudisebarkanolehpedagang, kemudiandilanjutkanolehpara guru agama (da’i) danpengembarasufi. Orang yang terlibatdalamkegiatandakwahpertamaitutidakbertendensiapa pun selainbertanggungjawabmenunaikankewajibantanpapamrih, sehingganamamerekaberlalubegitusaja. Olehkarenaitu, wajarkalauterjadiperbedaanpendapattentangkapan, darimana, dan di manapertama kali Islam datangke Nusantara.Secaragarisbesarperbedaanpendapatitudapatdibagimenjadisebagaiberikut.

a.    Pendapatpertamadipeloporiolehsarjana-sarjanaorientalisBelanda, di antaranyaSnouckHurgronje yang berrpendapatbahwa Islam datangke Indonesia padaabad ke-13 M dari Gujarat (bukandari Arab langsung) denganbuktiditemukannyamakam sultan yang beragama Islam pertama Malik  as-Sholeh, raja pertamakerajaanSamuderaPasai yang dikatakanberasaldari Gujarat.

b.    Pendapatkeduadikemukakanolehsarjana-sarjana Muslim, di antaranya Prof. Hamka, yang mengadakan “Seminar SejarahMasuknya Islam ke Indonesia” di Medan tahun 1963. Hamkadanteman-temannyaberpendapatbahwa Islam sudahdatangke Indonesia padaabadpertamaHijriyah (± abad ke-7 sampai 8 M) langsungdari Arab denganbuktijalurpelayaran yang ramaidanbersifatinternasionalsudahdimulaijauhsebelumabad ke-13 (yaitusudahadasejakabad ke-7 M) melaluiSelatMalaka yang menghubungkanDinasti Tang di Cina (Asia Timur), Sriwijaya di Asia Tenggara danBaniUmayyah di Asia Barat.

c.    Sarjana Muslim kontemporersepertiTaufik Abdullah mengkompromikankeduapendapattersebut. Menurutpendapatnyamemangbenar Islam sudahdatangke Indonesia sejakabadpertamaHijriyahatauabad ke-7 atau 8 Masehi, tetapibarudianutolehparapedagangTimur Tengah di pelabuhan-pelabuhan.Barulah Islam masuksecarabesar-besarandanmempunyaikekuatanpolitikpadaabad ke-13 denganberdirinyakerajaanSamuderaPasai.Hal initerjadiakibatarusbalikkehancuran Baghdad ibukotaAbbasiyaholehHulagu.Kehancuran Baghdad menyebabkanpedagang Muslim mengalihkanaktivitasperdagangankearah Asia Selatan, Asia Tmur, dan Asia Tenggara[13].

Bersamaandenganparapedagangdatang pula da’i-da’idanmusafir-musafirsufi. Melaluijalurpelayaranitu pula merekadapatberhubungandenganpedagangdarinegeri-negeri di ketigabagianBenua Asia itu.Hal itumemungkinkanterjadinyahubungantimbalbalik, sehinggaterbentuklahperkampunganmasyarakat Muslim.Pertumbuhanperkampunganinimakinmeluassehinggaperkampunganitutidakhanyabesifatekonomis, tetapimembentukstrukturpemerintahandenganmengangkatMeurahSilu, kepalasukuGampungSamudramenjadi Sultan Malik as-Sholeh.

Tersebarnya Islam ke Indonesia adalahmelaluisaluran-saluransebagaiberikut.

a.    Perdagangan, yang menggunakansaranapelayaran.

b.    Dakwah, yang dilakukanolehmubalig yang berdatanganbersamaparapedagang.

c.    Perkawinan, yaituperkawinanantarapedagang Muslim, mubaligdengananakbangsawan Indonesia. Hal iniakanmempercepatterbentuknyaintisosoial, yaitukeluarga Muslim danmasyarakat Muslim.

d.    Pendidikan. Setelahkedudukanparapedagangmantapmerekamenguasaikekuatanekonomi di bandar-bandarseperti Gresik.Pusat-pusatperekonomianituberkembangmenjadipusatpendidikandanpenyebaran Islam.

e.    Tasawufdantarekat. Sudahditerangkanbahwabersamaandenganpedagang, datang pula paraulama, da’i, dansufipengembara. Para ulamaatausufiituada yang kemudiandiangkatmenjadipenasihatdanataupejabat agama di kerajaan. Di Aceh adaSyaikhHamzahFansuri, SyamsuddinSumatrani, Nuruddinar-Raniri, Abd.RaufSingkel. Demikian pula kerajaan-kerajaan di Jawamempunyaipenasihat yang bergelarwali, yang terkenaladalahWaliSongo.

Para sufimenyebarkan Islam melaluiduacara:

1)      Denganmembentukkadermubalig, agar mampumengajarkansertamenyebarkan agama Islam di daerahasalnya. Dengandemikian, Abd.Raufmempunyaimurid yang kemudianmenyebarkan Islam di tempatasalnya, di antaranyaSyaikhBurhanuddinUlakan, kemudianSyaikhAbdMuhyiPamijahanJawa Barat; SunanGirimempunyaimurid Sultan ZaenulAbidindari Ternate; DatoRiBandangmenyebarkan Islam ke Sulawesi, BimadanButon; KhatibSulaeman di Minangkabaumengembangkan Islam ke Kalimantan Timur; SunanPrapen (ayahnyaSunanGiri) menyebarkan Islam ke Nusa Tenggara Barat.

2)      Melaluikarya-karyatulis yang tersebardandibaca di berbagaitempat. Di abad ke-17, Aceh adalahpusatperkembangankarya-karyakeagamaan yang ditulisparaulamadanparasufi. HamzahFansurimenulisantara lain Asrar al-Arifin fi Bayan ila al-Sulukwa al-Tauhid, jugaSyairPerahu yang merupakansyairsufi. Nuruddin, ulamazamanIskandarTsani, menuliskitabhukum Islam Shirat al-Mustaqim.

f.      Kesenian. Saluran yang banyaksekalidipakaiuntukpenyebaran Islam terutama di Jawaadalahseni.WaliSongoterutamaSunan Kali Jaga, mempergunakanbanyakcabangseniuntukislamisasi, seniarsitektur, gamelan, wayang, nyanyian

Penyebaran Islam secaraDamaidanKekeluargaan

Islam masukkewilayah Indonesia danMalakaadalahdengancaradamai. Hal inijugakenegara-negaralainnya.Penyebaran yang paling utamadilakukanmelauipendekatansocioculturalyaknisuatukebiasaan yang hidupdalammasyarakat.Di sampingitujugapendekatanpersuasif.Olehkarenaitumasyarakatmudahmenerimaajaran Islam.

Dalampadasaatitu, orang yang paling berjasaadalahparasaudagar yang datangdari Gujarat ataudari Arab (Mekkah).Untukmemperdagangkanbarangdagangannyasambilmenyebarluaskanajaran Islam.Dari sanalahtumbuhdengansegarnyanafas Islam kepadaparasaudagardanpenduduk yang ada di Malakadan Indonesia.

Islam di Indonesia tidakmengenaladanyapemaksaanpembelajaran agama Islam denganpedang.Sepertipenuturan John Crawford, 1820 M dalamHistory of Indian Archipelago:

Para wiraswasta Muslim tidakdatangsebagaipenaklukseperti yang dikerjakanolehbangsaSpanyolpadaabad ke-16 M. Merekatidakmenggunakanpedangdalamdakwahnya.Jugatidakmemilikihakuntukmelakukanpenindasanterhadaprakyatbawahnya.Para da’ihanyasebagaiwiraswasta yang memanfaatkankecerdasandanperadabanmereka yang lebihtinggiuntukkepentingandakwahnya.Hartaperniagaannyalebihmerekautamakansebagai modal dakwahdaripadauntukmemperkayadiri.

Penuturan John Crawford di atasinimengingatkankita, walaupunstratifikasisosialekonomiparada’iatauwiraswasta Muslim, jauhlebihterhormat, cerdasdanberadabnamun, parada’iatauwiraswastadenganpenuhkeikhlasanberdakwah, tidakuntukmemperkayadirisendiri.

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 147 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: